Pompa Hisap Dan Spiral

Diposting oleh Selamat datang di blog on Minggu, 23 Oktober 2011

Umumnya bahan galian industri terdapat didekat permukaan, tetapi juga ada yang terdapat dan terkumpul dibawah permukaan tanah yang relative agak dalam. Selain itu bahan galian tersebut ada yang keras. Ada yang lunak bahkan setengah kompak. Karena terdesak keperluan bahkan ada galian yang berada dibawah air. Atas dasar cara kerjanya bahan galian industry biasanya ditambang dengan cara: digali, disemprot dengan pompa bertekanan tinggi, dan disedot dengan pompa hisap.Pompa hisap merupakan suatu alat yang digunakan untuk menarik mineral-mineral yang berada dibawah permukaan tanah, mineral-mineral tersebut biasanya berbentuk butiran-butiran halus atau pasir.

Penambangan yang menggunakan pompa hisap ini misalnya penambangan pasir di laut. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menghisap mineral seperti zircon yang kemudian akan dipisah antara mineral kotornya, menggunakan cara tradisional seperti diayak atau dengan alat, yaitu spiral.

Biasanya dalam pertambangan mineral zircon, pompa hisap ini akan langsung disambungkan dengan spiral melalui sebuah pipa yang langsung terhubung diatas spiral, sehingga dalam proses penghisapannya, mineral yang dihisap menggunakan pompa hisap yang ditambah mesin penggerak ini, setelah berhasil menghisap zircon dari bawah permukaan tanah, dan didorong oleh kerja mesin penggerak yang kuat, mineral tersebut akan langsung mengalir kebagian atas spiral dan langsung dalam proses pemisahan antara zircon dan juga pasir-pasir yang tercampur dengan zircon, sehingga hasilnya akan langsung diperoleh. Untuk kombinasi antara pompa dan spiral ini, biasanya alat pompa ini disebut dengan pompa hisap-buang. Karena setelah menghisap mineral zircon dari bawah permukaan tanah akan langsung dibuang dalam spiral.


Spiral merupakan alat penetrasi pemisahan mineral berat dan mineral ringan yang berbentuk spiral yang menggunakan gaya sentrifugal dan air sebagai media konsentrasi. Metode pemisahan ini teramasuk kedalam “gravity consenteration”. Spiral merupakan suatu alat yang penting dalam pertambangan mineral-mineral halus seperti zircon. Melalui alat ini mineral zircon yang didapatkan dari pertambangan menggunakan pompa hisap yang bercampur dengan mineral yang lainnya akan dipisahkan.


Untuk lebih lengkapnya bisa download file ms.word nya DI SINI atau file Persentasinya dalam bentuk ms.PowerPoint DI SINI !! Semoga bergauna...

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar