Bentuk Lapisan Batubara

Diposting oleh Selamat datang di blog on Kamis, 17 Oktober 2013


Bentuk cekungan, proses sedimentasi, proses geologi selama dan sesudah proses coalification akan menentukan bentuk lapisan batubara. Mengetahui bentuk lapisan batubara sangat menentukan dalam menghitung cadangan dan merencanakan cara penambangannya. Dikenal beberapa bentuk lapisan batubara yaitu :

 1. Bentuk Horse Back Dicirikan oleh perlapisan batubara dan batuan yang menutupinya melengkung ke arah atas akibat gaya kompresi. Ketebalan ke arah lateral lapisan batubara kemungkinan sama ataupun menjadi lebih kecil atau menipis.

 2. Bentuk Pinch Dicirikan oleh perlapisan yang menipis dibagian tengah. Pada umumnya dasar dari lapisan batubara merupakan batuan yang plastis misalnya batulempung sedang di atas lapisan batubara secara setempat ditutupi oleh batupasir yang secara lateral merupakan pengisian suatu alur.

 3. Bentuk Clay Vein Terjadi apabila diantara 2 bagian deposit batubara terdapat urat lempung. Bentuk ini terjadi apabila pada satu seri deposit batubara mengalami patahan, kemudian pada bidang patahan yang merupakan rekahan terbuka terisi oleh material lempung ataupun pasir.

4. Bentuk Burried Hill Terjadi apabila didaerah dimana batubara semula terbentuk terdapat suatu kulminasi sehingga lapisan batubara seperti "terintrusi"

 5. Bentuk Fault Terjadi apabila di daerah di mana deposit batubara mengalami beberapa seri patahan.Keadaan ini akan mengacaukan di dalam perhitungan cadangan, akibat adanya perpindahan perlapisan akibat pergeseran ke arah vertikal.

 6.Bentuk Fold Terjadi apabila di daerah di mana deposit batubara mengalami perlipatan. Makin intensif gaya yang bekerja pembentuk perlipatan akan makin komplek perlipatan tersebut terjadi.

 Sumber : Sukandarrumidi.1995.Batubara Dan Gambut.Gadjah Mada University Press : YOGYAKARTA.

Jangan lupa kunjungi juga blog ku yang lain belajar photoshop dan Free Mp3

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar