Rahasia SEO untuk para Blogger

Diposting oleh Selamat datang di blog on Kamis, 26 November 2015

Rahasia SEO untuk Blogger guna Pengoptimalan Mesin Pencari agar blog mudah diindeks Google dan banyak pengunjung

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin pencari. SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut (wikipedia.org). Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Dengan SEO inilah sebuah blog atau situs web akan mudah dan cepat terindeks mesin pencari, khususnya Google, sehingga mendatangkan banyak pengunjung/pembaca. semakin banyak pengunjung atau posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Berikut rahasia SEO untuk para blogger yang juga berlaku untuk para admin web instansi, perusahaan ataupun pengelola bisnis online.

1.  Media Sosial adalah Backlink Baru 

Share posting blog Anda ke media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Makin banyak like, comments, share, dan retweet dll., makin bagus buat SEO blog Anda.

2.  Backlin Masih Berlaku

Google akan memilih backlink berkualitas, yakni backlink alami, bukan spam, juga inbound link yang datang dari situs berkualitas dan terpercaya. 

"Google still really believes that a link from a trustworthy blog is one of the best ways to judge the quality of a site. Don’t buy backlinks or build them from poor quality blogs! We’ve known for a long time that buying backlinks is against Google’s rules and a stupid idea but the real news now is that poor quality backlinks just aren’t going to be worth as much."

Jangan beli backlink dan membangunnya dari situs yang tidak berkualitas.

3.  Bounce Rate sebuah Indikator

Bounce Rate adalah statistik yang menunjukkan berapa banyak pembaca yang menutup halaman blog Anda tanpa membuka halaman lain atau membaca tulisan lain di blog Anda. Tips mengurangi Bounce Rate
  • Gunakan template blog yang enak dilihat dan nyaman bagi pembaca.
  • Gunakan widget Related Post, juga Popular Posts, Random Posts, dan Navigasi Menu yang memudahkan pengunjung menjelajahi konten blog Anda.
  • Buatlah internal link dalam postingan yang mengarah ke posting lama blog Anda.
4.  Duplicate Content.

Duplicate content yaitu konten ganda. Istilah ini bukan saja merujuk pada copas alias copy paste tulisan orang lain, tapi juga merujuk pada seksi dalam blog yang berisi konten yang sama.

5.  Pembaca yang kembali mengindikasikan keamanan.

Pengunjung setia meningkatkan SEO dan kredibilitas blog di mesin pencari.

Tips agar pengunjung kembali ke blog Anda:

Buatlah konten menarik 
Gunakan widget Email Subscribers
Coba buat tulisan serial.
Interact with people everywhere

6.  Gunakan Template Blog Mobile-Friendly.

Gunakan template blog responsive. Test blog Anda, apakah sudah responsive di Google Mobile-friendly Test. Blog sudah mendapatkan "Awesome! This page is mobile-friendly." Google juga sudah menerapkan Algoritma MobileGeddon yang mengutamakan blog responsif. 

Isi pula konten blog Anda dengan multimedia, tidak hanya teks (tulisan) dan gambar (foto), tapi juga video dan Podcast.

7. Masa depan SEO adalah tentang psikologi pengguna.

Tips SEO terbaik dan tidak terpengaruh algoritma Google yang akan datang sekalipun adalah Konten Berkualitas yang membuat pembaca betah, kunjung ulang, share konten, dan menemukan informasi yang dicari.

Pastikan orang percaya kepada Anda. Mereka akan Subscribe update posting blog Anda. Gunakan warna blog dan gambar ilustrasi sebaik mungkin. Hindari warna terang yang menyilaukan mata. Beri solusi sehingga akan sangat disukai pembaca.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar