Tentang Mesing Hidrolis

Diposting oleh Selamat datang di blog on Kamis, 04 Oktober 2012

A. Definisi Mesin Hidrolis
    Sistem hidrolik di industri mempunyai peranan vital, penerapannya digunakan pada alat berat di eksplorasi pertambangan Pengertian Hidrolik Hidraulika berasal dari kata hydro dalam bahasa Yunani yangberarti air. Dengan demikian ilmu hidraulika dapat didefenisikan sebagai cabang dari ilmu teknik yang mempelajari perilaku air baik dalamkeadaandiam maupun bergerak.
   
     Hidraulika dapat dibedakan dalam dua bidang yaitu hidrostatika yang mempelajari zatcair dalam keadaan diam,dan hidrodinamika yang mempelajari zat cair bergerak. Ilmu hidraulikamempunyai arti penting mengingat air merupakan salah satu jenis fluidayang sangat penting bagi kehidupan manusia.

    Hydraulic machinery adalah mesin dan alat-alat yang menggunakan daya fluida untuk melakukan kerja. Alat berat adalah contoh umum. Dalam jenis mesin, cairan tekanan tinggi  disebut hidrolikfluida  ditransmisikan seluruh mesin ke berbagai hidrolik motor dan silinder hidrolik. Fluidadikontrol secara langsung atau secara otomatis oleh katup kontrol dan didistribusikan melalui slangdan tabung. Popularitas mesin hidrolik adalah karena jumlah yang sangat besar kekuasaan yangdapat ditransfer melalui tabung kecil dan selang fleksibel, dan kekuatan tinggi kepadatan danberbagai macam aktuator yang dapat memanfaatkan kekuatan ini.

    Mesin hidrolik dioperasikan dengan menggunakan hidrolik, di mana cairan adalah media powering.Pneumatics, di sisi lain, didasarkan pada penggunaan gas sebagai medium untuk transmisi listrik,generasi dan kontrol.


Bagian-bagian umum pada sistem hidrolis :

1. Filters Filter adalah bagian penting dari sistem hidrolik. Partikel logam terus-menerus dihasilkan oleh komponen mekanis dan perlu dihapus bersama dengan kontaminan lain.

2. Tubes, Pipes and Hoses Tabung hidrolik presisi seamless pipa baja, khusus dibuat untuk hidrolika. Tabung memiliki ukuran standar untuk rentang tekanan yang berbeda, dengan diameter standar hingga 100 mm. Tabung disediakan oleh produsen dalam panjang 6 m, dibersihkan, diminyaki dan dipasang. Tabung yang saling berhubungan oleh berbagai jenis flensa (terutama untuk ukuran yang lebih besar dan tekanan), pengelasan kerucut / puting (dengan o-cincin meterai), beberapa jenis koneksi dan flare cut-cincin. Ukuran yang lebih besar, hidrolik pipa yang digunakan. Langsung bergabung dengan mengelas tabung tidak dapat diterima karena interior tidak dapat diperiksa.

3. Seals, fittings and connections Secara umum, katup, silinder dan pompa memiliki bos threaded perempuan untuk sambungan fluida.

4. Basic calculations Daya Mesin hidrolik didefinisikan sebagai Arus x Tekanan. Kekuatan hidrolik yang diberikan oleh sebuah pompa:

P dalam [bar] dan Q dalam [menyalakan / min] => (P x Q) ÷ 600 [kW]. Ex. Pompa memberikan 180 [menyalakan / menit] dan P sama dengan 250 [bar] => Pompa daya output = (180 x 250) ÷ 600 = 75 [kW].


B. Macama-macam atau contoh  Mesin Hidrolis
    Adapun mesin atau alat yang menggunakan sistem hidrolis atau juga disebut sebgai mesin hidrolis antaralain :
- Dongkrak Hidrolis
- Pompa
-Alat Berat

    Disini kami akan membahas lebih lanjut tentang mesin hdrolis yaitu Pompa. Dalam sistem hidrolik, pompa merupakan salah satu komponen utama yang sangat penting yaitu sebagai alat untuk memindahkan atau mengalirkan fluida hidrolik.

    Pompa hidrolik merupakan komponen dari sistem hidrolik yang membuat oli mengalir atau pompa hidrolik sebagai sumber tenaga yang mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga hidrolik.

Adapun klasifikasi pompa antara lain :
1. Non Positive Displacement pump : mempunyai penyekat antara lubang masuk/inlet port dan lubang keluar/out port, sehingga cairan dapat mengalir di dalam pompa apabila ada tekanan.
Contoh : Pompa air termasuk disebut juga tipe non positive diplasement.

2. Positive diplacement pump : Memiliki lubang masuk/inlet port dan lubang keluar/outlet port yang di sekat di dalam pompa. Sehingga pompa jenis ini dapat bekerja dengan tekanan yang sangat tinggi dan harus di proteksi terhadap tekanan yang berlebihan dengan menggunakan  pressure relief valve.
Contoh : Pompa hidrolik alat-alat berat

3.Fixed displacement pump : mempunyai sebuah ruang pompa dengan volume tetap (fixed volume pumping chamber) Out putnya hanya bisa diubah dengan cara merubah kecepatan kerja (drive speed )

4. Variable displacement pump : mempunyai ruang pompa dengan volume bervariasi, outputnya dapat diubah dengan cara merubah displacement atau drive speed, fixed displacement pump maupun variable pump dipakai pada alat-alat pemindah tanah

C. Penggunaan Mesin Hidrolis dalam Pertambangan
    Sistem hidrolik di industri mempunyai peranan vital, penerapannya digunakan pada alat berat di eksplorasi pertambangan, dan pada sistem drainase tambang.
Adapun mesin atau alat pertambangan yang menggunakan sistem hidrolis antara lain :
1. Pompa
2. Mesin Bor
3. Sistem hirdolik pada Arm Excavator, dll

Aplikasi atau penggunaan mesin hidrolis  dalam pertambangan :
1. Ekspolorasi Pertambangan
    Mesin bor  merupakan salah satu alat yang penting dalam melakukan eksplorasi tambang khusus nya dalam pemboran untuk mengetahui staratigrafi suatu lahan dan sebagai penentuan bahan galian yang terdapat dalam wilayah tersebut serta perkeiraan besaraan cadangannya.
    Jadi secara umum Mesin bor diapalikasin dalam pertambangan sebagai alat utama yang dilakukan dalam pemboran untuk eksplorasi tambang.
2. Pembukaan lahan pertambangan ataupun proses produksi
    Alat-alat berat dibutuhkan dalam membuka lahan ataupun dalam proses produksi pada pertambangan  salah satunya adalah Excavtor yang mempunyai sistem hidrolis.
3. Drainase Tambang
    Pompa yang merupakan salah satu mesin hidrolis merupakan alat yang penting dalam suatu sistem pengaliran atau pembuangan dalam tambang. pompa merupakan salah satu komponen utama yang sangat penting yaitu sebagai alat untuk memindahkan atau mengalirkan fluida hidrolik atau aliran airnya yang akan disalur kan ke pipa pembuangan.

Download file lengkapnya Di Sini

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar