6 Jenis Blade pada Bulldozer

Diposting oleh Selamat datang di blog on Sabtu, 06 Oktober 2012

Blade adalah salah satu bagian terpenting pada alat berat bulldozer, sebuah bagian utama yang berfungsi mendorong atau membersihkan material.

Ada beberapa macam blade pada bulldozer yang mempunyai fungsinya masing-masing.DI bawah ini akan dijelaskan 6 jenis blade pada bulldozer antara lain :



1. UNIVERSAL BLADE ( U-BLADE).
Blade ini dilengkapi dengan sayap yang bertujuan meningkatkan produktivitas. Sayap ini akan membuat bulldozer mendorong/membawa muatan lebihbanyak, karena memungkinkan kehilangan muatan lebih kecil.Kebanyakan blade tipe ini dipakai untuk pekerjaan reklamasi tanah, pekerjaan penyediaan bahan (stock pilling) dan lain-lain.

2. STRAIGHT BLADE ( S –BLADE).
Blade jenis ini sangat cocok untuk berbagai kondisi medan, blade ini merupakan modifikasi dari U-blade. Banyak digunakan untuk mendorong material cohesive, penggalian struktur dan penimbunan. Dengan memiringkan blade dapat berfungsi untuk menggali tanah keras. Manuver blade jenis ini lebih mudah dan dapat menangani material dengan mudah.

3. ANGLING BLADE ( A –BLADE).
Blade dengan posisi lurus dan menyudut, juga dibuat untuk :
• Pembuangan kesamping (side casting).
• Pembukaan jalan (pioneering roads).
• Penggalian saluran (cutting ditches).
• Sangat effektif untuk pekerjaan side hill cut atau back filling.
• dan lain-lain pekerjaan yang sesuai.
4. CUSHION BLADE ( C –BLADE).
Blade tipe ini dilengkapi dengan rubber cushion (bantalan karet) untuk meredam tumbukan. Selain untuk push dozing, blade juga dipakai untuk pemeliharaan jalan dan pekerjaan dozing yang lain. Lebar C-blade memungkinkan peningkatan manuver.

Selain perlengkapan standar Bulldozer ini juga memiliki beberapa option /Peralatan tambahan seperti : Pisau garuk, Garu batuan, Pembajak akar, Pemotong pohon jenis V, Kanopi pelindung operator, Roda pencacah, Kap pelindung untuk pekerjaan berat dsb.

5. BOWL-DOZER.
Blade ini dibuat untuk membawa /mendorong material dengan kehilangan sesedikit mungkin, karena adanya dinding besi pada sisi blade yang cukup lebar. Bentuknya seperti mangkuk, menyebabkan ia disebut bowl-dozer.

6. BLADE UNTUK MATERIAL RINGAN.
Alat ini didesain untuk pekerjaan material non-kohesif yang lebih ringan. Contohnya seperti stock pile dari tanah lepas/gembur.


Nah kamu bisa juga download file Ms.word nya Di Sini

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar