Download makalah metode Eksplorasi Bijih Besi

Diposting oleh Selamat datang di blog on Jumat, 23 November 2012

Silahkan download file makalah metode Eksplorasi Bijih besi Di Sini .Dibawah ini adalah sari dari makalah ini.


Besi adalah logam yang paling luas dan paling banyak penggunaanya. Besi terdapat di alam dalam bentuk senyawa, antara lain sebagai hematit , magnetit, pirit dan siderit. Salah satu kegunaan bijih besi adalah sebagai bahan pembuatan baja. Kebanyakan besi ditemukan dalam batuan dan tanah sebagai oksida besi yang disebut bijih besi. Besi adalah logam yang dihasilkan dari bijih besi yang telah diekstrak. Bijih besi jarang dijumpai dalam keadaan bebas, biasanya bijih besi ditemukan berasosiasi dengan mineral logam lainnya.  Pada dasarnya mineral bijih besi banyak terdapat sebagai metasomatik kontak maupun sebagai endapan sekunder yang terpendam dan tersingkap secara acak.

Tahapan eksplorasi adalah urutan penyelidikan geologi yang umumnya dilakukan melalui empat tahap sebagai berikut : survei tinjau, prosepeksi, eksplorasi umum, dan eksplorasi rinci. Survei tinjau, tahap eksplorasi untuk mengidetifikasi daerah-daerah yang berpotensi bagi kerdaptan mineral pada skala regional. Prospeksi, tahap eksplorasi dengan jalan mempersempit daerah yang mengandung endapan mineral yang potensial.

Eksplorasi umum, tahap eksplorasi yang merupakan deliniasi awal dari suatu endapan yang teridentifikasi.Ada beberapa metode eksplorasi bijih besi yang dapat digunakan salah satunya adalah metode magnetik, yaitu metode   yang cocok digunakan untuk eksplorasi mineral magnetis seperti bijih besi seperti magnetit dan hematit. Metode ini didasarkan pada nilai anomali medan magnet bumi di suatu kawasan survei. Sebagaimana kita ketahui bahwa bumi memiliki sifat seperti magnet yaitu kutub utara dan selatan.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar