Menggunakan ICS (Internet Connection Sharing)

Diposting oleh Selamat datang di blog on Minggu, 26 Februari 2012


Jika Anda ingin berbagi satu koneksi internet antara beberapa komputer, Anda memiliki dua pilihan:
  • Gunakan Internet Connection Sharing (ICS).
  • Gunakan router.
Untuk informasi tentang penggunaan router, lihat Pemasangan jaringan rumah.


Bagaimana ICS bekerja?
Pertama, Anda perlu satu komputer, yang disebut komputer host, yang terhubung ke Internet dan yang memiliki koneksi terpisah ke komputer lain pada jaringan Anda. Anda mengaktifkan ICS pada koneksi internet. Komputer lain pada jaringan Anda kemudian hubungkan ke komputer host, dan dari sana ke Internet melalui koneksi internet bersama host komputer.
Illustration of a network using Internet Connection Sharing (ICS)
Jaringan yang menggunakan Internet Connection Sharing (ICS)
Mengaktifkan ICS
Untuk mengaktifkan ICS, pada komputer host Anda:
Buka Network Connections dengan mengklik tombol Start, klik Control Panel, klik Network dan Internet, klik Network dan Berbagi Pusat, dan kemudian klik Manage koneksi jaringan.
Klik kanan koneksi yang Anda ingin berbagi, dan kemudian klik Properties. Jika Anda diminta untuk sandi administrator atau konfirmasi, ketik sandi atau memberikan konfirmasi.
Klik tab Sharing, kemudian pilih Izinkan pengguna jaringan lain untuk tersambung melalui kotak koneksi Internet komputer ini.
Mencatat
Tab sharing tidak akan tersedia jika Anda hanya memiliki satu koneksi jaringan.
Jika diinginkan, Anda juga dapat memilih Izinkan pengguna jaringan lain untuk mengendalikan atau menonaktifkan koneksi Internet kotak cek bersama.
Opsional, untuk memungkinkan pengguna jaringan lain untuk menggunakan layanan yang berjalan pada jaringan Anda, klik Pengaturan dan pilih layanan yang Anda ingin memperbolehkan.
Bila Anda mengaktifkan ICS, jaringan area lokal (LAN) koneksi mendapat alamat IP statis baru dan konfigurasi, sehingga Anda akan perlu untuk membangun kembali TCP / IP koneksi antara komputer host dan komputer jaringan lainnya.
Untuk menguji jaringan dan koneksi internet, lihat apakah Anda dapat berbagi file antara komputer dan pastikan setiap komputer dapat mencapai sebuah website.
Mengkonfigurasi TCP / IP
Untuk menggunakan ICS, pastikan jaringan area lokal (LAN) koneksi pada setiap jaringan komputer dikonfigurasi untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis. Untuk melakukan ini:
Buka Network Connections dengan mengklik tombol Start, klik Control Panel, klik Network dan Internet, klik Network dan Berbagi Pusat, dan kemudian klik Manage koneksi jaringan.
Klik kanan koneksi LAN, dan kemudian klik Properties. Jika Anda diminta untuk sandi administrator atau konfirmasi, ketik sandi atau memberikan konfirmasi.
Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) atau Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6), dan kemudian klik Properties.
Klik Mendapatkan alamat IP secara otomatis atau Mendapatkan alamat IPv6 secara otomatis.
Pilihan Internet pada komputer jaringan Anda juga harus dikonfigurasi untuk ICS. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Mengubah pengaturan Internet untuk ICS (Internet Connection Sharing).
Jangan menggunakan ICS pada jaringan dengan domain controller, DNS server, gateway, atau server DHCP. Dan jangan menggunakan ICS pada sistem dikonfigurasi untuk alamat IP statis.
ICS dan koneksi VPN
Jika Anda membuat koneksi jaringan virtual (VPN) pribadi di komputer host Anda ke jaringan perusahaan dan kemudian mengaktifkan ICS pada koneksi itu, semua lalu lintas Internet yang diarahkan ke jaringan perusahaan dan semua komputer pada jaringan rumah Anda dapat mengakses jaringan perusahaan . Jika Anda tidak mengaktifkan ICS pada koneksi VPN, komputer lain tidak akan memiliki akses ke Internet atau jaringan perusahaan sedangkan koneksi VPN aktif pada komputer host.
ICS dan jaringan ad hoc
Jika Anda berbagi koneksi internet Anda pada jaringan ad hoc, ICS akan dinonaktifkan jika:
Anda memutuskan sambungan dari jaringan ad hoc.
Anda membuat jaringan ad hoc baru tanpa memutuskan hubungan dari jaringan ad hoc yang Anda diaktifkan ICS.
Anda log off dan kemudian login kembali (tanpa memutuskan hubungan dari jaringan ad hoc).


{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar