Membangun Kerja Team ( Teamwork Building )

Diposting oleh Selamat datang di blog on Kamis, 01 Maret 2012


Anggota dari team, apapun bentuknya, memiliki tanggung jawab untuk dirinya sendiri dan untuk sesama rekan satu team. Perlu diingat, bahwa performa team dihasilkan dari hasil kerja dari performa tiap-tiap anggota secara individual dalam kerjasama mereka dalam mencapai hasil kelompok. Oleh sebab itu, setiap anggota team wajib melakukan performa terbaik yang dapat dilakukan, dan sesungguhnya fungsi dari teamwork adalah meningkatkan level performa dari tiap-tiap anggota secara individual dengan adanya saling support antar sesama anggota team.  

Saling support ini adalah dengan selalu mencoba mendapatkan metode dan sistem (cara) terbaik yang dapat ditemukan untuk menyelesaikan pekerjaan dan buang cara-cara yang tidak efektif dan efisien yang dilakukan. 
Kerjasama team ini adalah dengan menggunakan gabungan semua bakat dan keahlian dari para anggotanya, oleh karena itulah perlu kesamaan komitmen untuk mencapai tingkat kerjasama team yang tertinggi untuk mencapai kesuksesan. Kesuksesan team harus identikal dengan kesuksesan dari tiap individu para anggotanya.

Sinergi

Sinergi adalah keuntungan dan manfaat tertinggi dari adanya kerjasama team.  Maksud dari sinergi adalah mengkombinasikan segala kemampuan yang ada dan dimiliki para anggota team sehingga hasil kerja team yang diperoleh adalah lebih tinggi dari hasil individual yang terbaik  dari para anggotanya. Dengan demikian dapat diperoleh dengan adanya sinergi adalah  2 + 2 > 4 atau 10+10 > 20 atau apapun juga persamaan yang ditentukan. Dengan kata lain adalah hasil yang dapat dicapai dari kemampuan dua orang di-double kan akan lebih besar dari kemampuan 4 orang yang digabungkan jika dilakukan secara sendiri-sendiri. 

 
Mengembangkan “we concept” .

Kerja team wajib mengembangkan kebersamaan ( We concept ), yang dapat dimulai dengan menekankan :
1.       Kita adalah anggota dari…………( sebutkan organisasi call center)…………………
2.       Kita adalah bagian dari……………( sebutkan nama organisasi  )……………………….
Hal tersebut di atas menunjukan bahwa sebagai anggota/bagian dari organisasi tidak akan menghilangkan rasa penting dirinya secara individual.
Konsep ini memiliki kelebihan yang sangat baik dalam mengembangkan produktivitas dari tiap anggotanya, karena:

1.       “We concept”  memberikan support “acceptance” dari tiap-tiap anggotanya, sehingga disini tidak ada tugas yang tidak penting, semua yang dilakukan adalah penting. Dengan adanya penerimaan ini, maka “self-esteem akan meningkat, bersamaan dengan timbulnya kepercayaan diri seseorang dalam menjalankan pekerjaannya. 

2.       “We concept “ akan meningkatkan kemampuan seseorang dalam memberikan solusi, karena adanya saling bantu, jika terjadi persoalan di salah satu anggota yang ada. Sehingga akan sulit ditentukan mana yang terbaik diantara anggota tim. Hal ini diakibatkan, secara bersama-sama anggota team akan mendongkrak keahliannya masing-masing tersebut.

3.       “We concept” membentuk kesamaan goal yang diaransir maka tiap-tiap anggota akan menjadikan Goal Bersama ini sebagai simpul pengikat dari goal probadinya. Dengan adanya simpul pengikat dari tujuan dari team, bisa dipastikan bahwa performa agen call center akan mudah dikomparasikan karena standartnya sudah jelas, yaitu poin-poin dalam goal kerja dari team.

4.       “We concept” akan mendukung pencegahan dari kesalahan terjadi berulang, karena para anggota akan saling bertukar informasi mengenai apa yang terbaik untuk dilakukan dari beragam kondisi yang pernah dihadapi.

Permainan menjaga MOTIVASI

Motivasi itu adalah seperti “Roler Coaster” kadang naik dan kadang turun. Demikian juga yang terjadi di dalam kerjasama team. Para member agen dari team akan merasakan naik turunnya motivasi kerja mereka.  Apabila tidak ditangani dengan baik, issue ini dapat menjadi krisis yang akan memberikan beban biaya yang tidak sedikit bagi divisi call center.  Ada satu cara yang dapat dilakukan di dalam call center yang dapat memberikan peningkatan moral dan motivasi, yaitu dengan LAKUKANLAH PERMAINAN MOTIVASI.
 
Jika anda sempat mengecek situs SOUTHWEST AIRLINES, anda akan temukan suatu permainan yang mereka lakukan dan dilakukan tiap hari jumat, dengan motto “ FRIDAY IS ALWAYS A FUN DAY” . Apa yang mereka lakukan adalah tidak lebih dari suatu permainan yang antara lain seperti kontes-kontes, seperti  Scavenger Hunt, Halloween howl, Talent Show, and Mr. and Ms. Customer Service Contest” .  Inti dari kontes- kontes ini adalah untuk memberikan “Recognition” sehingga akan memperbaiki moral mereka.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar